Mengenal Bagian-Bagian Gitar


Yang pertama kali harus diketahui dalam belajar gitar untuk pemula  adalah nama-nama bagian bagian gitar. Banyak orang menyepelekan mengenai hal ini padahal hal ini cukup penting untuk di ketahui.
Meskipun ada banyak jenis gitar (akustik, listrik, klasik, listrik-akustik, dll), mereka semua memiliki banyak kesamaan. Gambar yang ada di bawah ini menjelaskan berbagai bagian dari sebuah gitar.

1. Headstock adalah istilah umum yang menggambarkan bagian dari gitar yang melekat pada leher instrumen. Pada headstock terdapat "tuner", yang akan Anda gunakan untuk menyesuaikan nada setiap senar pada gitar.

2. Pada titik di mana headstock menempel pada leher gitar, Anda akan menemukan "Nuts". Nuts biasanya terbuat dari bahan plastik, tulang, dll, di mana terdapat lekukan kecil yang dipahat untuk memandu senar ke tuner.

3. Neck atau leher dari gitar adalah area dimana Anda akan berkonsentrasi lebih banyak: Anda akan menempatkakan jari-jari Anda di berbagai tempat di leher, dalam rangka untuk menciptakan nada yang berbeda.


4. Kebanyakan gitar akustik dan klasik memiliki cekungan pada bagian body nya, dan juga memiliki “Sound Hole” atau "lubang suara", yang dirancang untuk menghasilkan suara gitar. Kebanyakan gitar listrik memiliki tubuh yang solid, dan dengan demikian tidak akan memiliki lubang suara.

5. Bridge adalah bagian dari gitar yang berfungsi untuk menyangga senar gitar . Semakin tinggi ukuran Bridge semakin jauh senar dari fret gitar. Hal ini akan membuat tidak nyaman pada jari anda.

0 Response to "Mengenal Bagian-Bagian Gitar"

Posting Komentar