Belajar Chord Gitar - G Mayor

Artikel Ini adalah lanjutan dari seri belajar kunci gitar.Sebaiknya sebelum memulai memainkan sebuah chord, anda terlebih dahulu berlatih nada kromatis. Tapi kebanyakan orang tidak menyukainya dan memilih bermain chord secara langsung.

Gambar di samping adalah ilustrasi chord yang akan kita mainkan yaitu kunci G mayor (orang sering menyebutnya hanya G chord). Letakan jari tengah anda pada fret ke 3 pada senar ke enam.

Selanjutnya letakan jari telunjuk pada fret kedua senar ke lima. Terakhir letakan jari manis pada fret ke 3 senar pertama.
Pastikan semua jari-jari anda melengkung dan tidak menyentuh senar yang lain. Sekarang gunakan pick gitar anda bunyikan semua senar dalam satu gerakan dimulai dari atas ke bawah. Catatan : semua senar harus dibunyikan bersama-sama, bukan satu-persatu. Voila! ini adalah chord pertama anda.

Sekarang coba lihat bagaimana anda melakukannya, dengan jari masih menekan fret, mainkan/bunyikan setiap senar satu per satu. Pastikan setiap nada berbunyi dengan jelas. Jika tidak, periksa kembali mengapa ini bisa terjadi. Apakah anda menekan cukup keras?Apakah salah satu jari anda menyentuh senar yang lain sehingga suara yang keluar tidak begitu jelas?

Jika jawabannya adalah ya, coba perbaiki kembali posisi jari-jari anda.