Cara Menyetem | Menyetel Gitar Untuk Pemula

Cara menyetem gitar untuk pemula. Menyetem gitar bagi seorang pemula memang bukan hal yang mudah tetapi kalau kamu tekun di jamin pasti cepat bisa. Ada 2 cara menyetem gitar yaitu dengan bantuan instrumen lain atau dengan menyamakan suara not tertentu pada gitar. Oh iya, sebelum membaca artikel ini lebih jauh simak juga tentang posisi bermain gitar yang saya bahas sebelumnya.



    Sebelumnya tentukan dulu nada senar ke 6 sampai didapat bunyi yang cukup, jangan terlalu kencang menyetel senar ke 6 ini kira-kira saja.





  • Tekan senar ke 6 pada fret ke 5 (lihat gambar), lalu bunyikan senar ke 6 kemudian bunyikan senar ke 5 tanpa di tekan atau los senar. Pastikan nada yang keluar pada senar ke 5 adalah sama dengan nada senar ke 6 yang di tekan pada fret ke 5. Jika belum sama, putar senar dengan mengencangkan atau mengendurkannya.
  • Tekan senar ke 5 atau senar A pada fret ke 5 lalu bunyikan. Pastikan bunyi senar ke 4 sama dengan senar ke 5 yang ditekan pada fret ke 5.
  • Tekan senar ke 4 atau senar D pada fret ke 5 lalu bunyikan. Pastikan bunyi senar ke 3 sama dengan bunyi senar ke 4 yang ditekan pada fret ke 5.
  • Tekan senar ke 3 atau senar G pada fret ke 4 lalu bunyikan. Pastikan bunyi senar ke 2 sama dengan senar ke 3 yang ditekan pada fret ke 4.
  • Tekan senar ke 2 atau senar B pada fret ke 5 lalu bunyikan. Pastikan bunyi senar ke 1 sama dengan bunyi senar ke 2 yang ditekan pada fret ke 5.


  • Seperti saya sebutkan di atas, ada satu lagi cara menyetem gitar dengan waktu yang lebih singkat yaitu menggunakan bantuan instrumen lain atau garpu tala. Tapi jika kamu tidak mempunyai instrumen lain, kamu bisa menggunakan online tuner atau cara menyetem gitar secara online. Kalu sekarang kamu sedang memegang gitar kamu bisa menggunakan tools ini, klik di sini. Caranya mudah saja, setelah kamu masuk ke situs online tuner tersebut kamu tinggal memilih nada yang akan dibunyikan dengan memencet tombol nada yang ada pada situs tersebut lalu samakan dengan nada gitar kamu.Dari 2 cara diatas usahakan agar kamu lebih mengutamakan berlatih menyetem gitar dengan cara manual, karena hal ini adalah skill terpenting belajar gitar untuk pemula. Nah itu sedikit tips cara menyetem gitar untuk pemula dari saya mudah-mudahan bermanfaat.

    5 comments

    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    Thanks. Berguna banget ilmunya