Mengenal Dan Memahami Power Chords

Power Chords mungkin salah satu istilah yang hampir sebagian pemain gitar pemula belum tau. Tapi saya yakin pernah bahkan sering memainkannya terutama mereka yang sering memainkan lagu rock.

Power Chords pertama kali dikenal sejak lahirnya musik blues. Tetapi saat musik Grunge mulai populer, banyak band-band menggunakannya secara exclusive dan tidak lagi menggunakan chord penuh.Power chords yang akan kita pelajari adalah "Chord bergerak" yang jauh berbeda dengan chord gitar yang kita pelajari sebelumnya. Kamu dapat memindahkan posisi mereka ke atas atau ke bawah untuk menciptakan power chord yang berbeda

Lalu bagaimana yang dimaksud dengan power chords? Perhatikan gambar di bawah ini :


power chord
picture by guitar.about.com


Meskipun gambar power chords diatas hanya berisi 3 not, tapi sebetulnya hanya berisi 2 not yang berbeda. Ada satu not yang dibunyikan dengan ketinggian yang berbeda.. Sebuah Power chords berisi "Induk Nada/Not", contohnya adalah induk dari C power chord adalah "C". Sedangkan nada yang lain disebut "nada kelima" atau "Fifth" dalam bahsa inggris. Itulah sebabnya power chords sering disebut juga dengan "nada kelima atau "fifth chord" dan ditulis seperti ini C5, E5 dsb.

Pada power chords tidak mengenal adanya nada mayor atau minor. Lihatlah contoh dari sebuah progresi chord di bawah ini :

Cmajor - Aminor - Dminor - Gmajor

Kita dapat memainkannya dengan power chord seperti di bawah ini :

C5 - A5 - D5 - G5
 
Power Chords pada Senar ke 6

Lihatlah pada gambar, not yang tidak dimainkan adlah pada senar ke 1, ke 2 dan ke 3. Ini penting sekali, jika senar yang lain berbunyi maka suara yang dihasilkan tidak akan bagus. Anda juga akan melihat bahwa not pada string keenam dilingkari merah. Hal ini untuk menunjukkan bahwa not pada string keenam adalah akar dari chord. Ini berarti bahwa, saat bermain power chords, apapun not yang sedang ditekan pada string keenam adalah nama power chords.

Misalnya, jika power chords sedang dimainkan mulaidari fret kelima string keenam, itu akan disebut sebagai "A power chord", karena not pada fret kelima string keenam adalah A. Jika chord yang dimainkan pada fret kedelapan, itu akan menjadi "C power chord". Inilah sebabnya mengapa penting untuk mengetahui nama-nama dari not pada string keenam gitar.

5 comments

Terima Kasih Atas infonya .. artikel yang sangat bagus ..

Thnks infonya bermanfaat banget nih

cara bermain power chord memang susah susah gampang, tapi ada nggak sih tipsnya ?

Power chord dasr itu sama kan kayak chord biasa cuma diambil 2 senar teratas saja, yg sulit adalah melatih kecepatan perpindahan jari. Jadi harus sering2 berlatih perpindahan jari nya.

Klo gw belajar chord power make lagu SID sunset di tanah anarki. Jadi bisa di latih kecepatan tangannya..