Cara Memetik Gitar atau Strumming Gitar

Cara memetik gitar sebenarnya ada dua istilah yaitu picking gitar dan strumming gitar. Lalu apa perbedaan antara picking dan strumming?Sebenarnya sama saja, yang membedakan hanyalah berapa banyak senar yang dipetik. Strumming gitar memainkan atau memetik gitar dimana senar gitar yang dipetik lebih dari tiga dan dilakukan secara simultan atau terus menerus dengan menggunakan sebuah pick gitar atau kuku jari. Kalo masih belum ngerti juga bahasa kitanya sih di genjreng gitu deh :)

Sedangkan Picking gitar yaitu memetik gitar dimana senar yang dipetik hanya satu atau 2 buah saja. Nah sekarang udah ngerti kan?

Menurut opini saya, menggunakan jari kuku suara yang dihasilkan terdengar lebih halus dibandingkan dengan menggunakan pick gitar. Kalau kamu lebih memilih pick gitar, perhatikan ketebalannya. Semakin tebal sebuah pick gitar maka suara yang dihasilkan semakin keras. Untuk lebih jelasnya lihat video di bawah ini :

Dari video di atas kita lihat bagaimana cara memetik gitar dengan menggunakan chord A,D,E,F#minor. Perhatikan posisi jari kanan yang digunakan untuk memetik. Petikan dimulai dengan jari jempol lalu diikuti jari telunjuk , jari tengah dan jari manis. Pola petikan ini dilakukan sama pada semua chord gitar yang sudah disebutkan di atas. Lakukan beberapa kali dengan pola yang sama, jempol, jari telunjuk, jari tengah, jari manis. Oke selamat berlatih