Downpicking - Belajar Memetik Gitar

Downpicking adalah teknik memetik gitar yang sering dimainkan oleh musisi bergenre heavy metal dengan menggunakan plectrum atau pick guitar. Cara memainkan nya adalah dengan melakukan petikan hanya dengan gerakan ke bawah atau down stroke.

Downpicking digunakan agar menghasilkan suara yang lebih "berat". Itulah kenapa para musisi heavy metal banyak sekali yang menggunakan teknik ini. Berbeda dengan alternate picking yang memetik senar ke bawah lalu ke atas.

Dari sisi speed, downpicking cenderung lebih lambat dibandingkan dengan alternate picking. Maka dari itu teknik ini sangat mudah dilakukan oleh gitaris pemula sekalipun. Tetapi Downpicking juga bisa lebih cepat dari alternate picking dengan menggunakan teknik yang disebut Sweep picking.

Teknik Downpicking atau downstrokes picking ini dipopulerkan oleh seorang gitaris punk yaitu Johnny Ramone yang dimainkan dengan gerakan downstrokes. Untuk memainkan downstrokes picking dibutuhkan pergelangan tangan yang kuat agar pergerakan tangan bisa sebebas mungkin. Suara yang dihasilkan akan lebih kuat, lebih aggresif dan lebih "penuh". Impresi yang tercipta dari sebuah lagu yang dimainkan dengan cara downstrokes akan terasa lebih cepat meskipun sebenarnya tidak.Simak video di bawah ini:


1 comments:

Coba ente dengerin lagu master of puppetsnya metallica, rata rata 7 downpicking per detik