7 Tips Merawat Senar Gitar Agar Tidak Mudah Berkarat

merawat senar gitar
Cara merawat senar gitar - Semakin sering kita memainkan gitar, maka perawatan gitar pun harus semakin sering dilakukan. Salah satunya adalah merawat senar gitar. Pernahkah sobat mendapati senar gitar sobat berkarat?Jika sobat kurang memperhatikan dan merawat senar gitar sobat sudah dipastikan maka akan mudah berkarat.

Karat pada senar gitar terjadi karena berbagai macam faktor. Menurut teori ilmiahnya, karat terjadi karena adanya logam + oxygen. Cepat atau lambat karat pasti akan menghampiri senar gitar kita sekalipun kita rajin merawatnya, namun jika kita sering merawatnya setidaknya umur senar gitar lebih panjang daripada senar gitar yang jarang dirawat.

Untuk menghindari terjadinya karat, sebenarnya produsen senar gitar sudah memikirkan cara sedemikian rupa yaitu dengan melapisi kawat senar gitar dengan "coating" atau cat. Hal ini dilakukan agar senar tidak langsung bersentuhan dengan udara penyebab terjadinya karat tersebut. Namun karena sering dipakai lama-lama senar gitar akan berkarat juga. Inilah beberapa tips agar senar gitar tidak mudah berkarat :

  1. Sebelum memainkan gitar pastikan tangan sobat dalam keadaan kering, hindari tangan yang basah karena air atau keringat. Kandungan garam dan asam yang terdapat dalam keringat sangat cepat mempengaruhi senar gitar. Selalu sediakan tissue atau lap untuk berjaga-jaga.
  2. Potong kuku jari sobat, jika kuku jari panjang maka secara tidak langsung akan mengikis lapisan coating dari senar gitar. Jika lapisan coating senar menipis maka kemungkinan terjadinya karat akan sangat cepat.
  3. Jika sobat berniat membawa gitar keluar rumah, misalnya main ke rumah teman, dibawa camping dialam terbuka dsb pastikan gitar sobat dibawa dengan menggunakan softcase agar terhindar dari udara dingin
  4. Jika dalam jangka waktu yang cukup lama sobat tidak menggunakan gitar, sebaiknya kendurkan senar gitar sobat.
  5. Jangan menyetem senar terlalu tegang. Kualitas sebuah senar gitar juga mempengaruhi pada saat kita menyetem senar. Senar gitar dengan kualitas rendah biasanya pada saat disetel akan sangat tegang meskipun kita menyetem dengan setelan standard.
  6. Hindari menyimpan gitar ditempat lembab seperti dekat jendela atau bersentuhan langsung dengan dinding dan lantai. Selalu gunakan softcase atau hardcase meskipun gitar disimpan di rumah.
  7. Selalu bersihkan senar gitar setiap kali habis dipakai. Jika kalian malas setidaknya lakukan seminggu sekali agar senar gitar kalian awet. Gunakan string cleaner yang banyak tersedia di toko-to alat musik. 
Nah itulah beberapa tips agar senar gitar sobat tidak mudah berkarat. Semoga tips ini bisa membantu kalian dalam merawat gitar kalian .

4 comments

kak kalo tangan sering berkeringat gimana ya ka ?
udah dari kecil sihh

kak kalo tangan emang udah sering keringetan dari kecil gmna ya ? ada solusi ga ?

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

di obatin dulu aja, kyk nya ada yang salah ma tubuh kamu atau solusi sementara sebelum main gitar tangan kamu pake dulu powder atau bedak