Tips Memilih Senar Gitar Yang Tepat

Tips atau cara memilih senar gitar yang tepat, bergantung pada jenis gitar apa yang kamu punyai atau kamu mainkan. Selain itu, suara yang ingin dihasilkan dan juga kemudahan dalam memainkannya harus menjadi prioritas. Selama ini mungkin kamu tidak pernah memikirkan hal-hal seperti ini, yang penting murah lalu kamu beli. Padahal jika kita memilih senar gitar yang cocok dan sesuai dengan gaya permainan kita atau sesuai dengan gitar yang kita punya, hal ini akan membuat cara kita bermain gitar lebih bagus dan menghasilkan suara yang enak didengar.

cara memilih senar gitar

 Step by step Cara Memilih Senar Gitar Yang Tepat

1. Tentukan jenis gitar apa yang kamu miliki. Hal ini penting untuk menentukan apakah senar gitar elektrik, senar gitar akustik atau senar gitar nylon/klasik.

2. Jika gitar elektrik yang kamu miliki, standard industri yang dipakai adalah nikel. Ukuran yang sering dipakai adalah 10-46. Contohnya senar Ernie Ball Regular Slinky atau D'Addario EXL 110. Senar gitar ini adalah yang paling populer dan sebuah pilihan yang bagus untuk dicoba.

3. Jika gitar yang kamu miliki adalah gitar akustik, tentukan jenis senar gitarnya apakah membutuhkan jenis steel string atau nylon string.

Setelah tahu jenis apa yang kamu perlukan, sekarang saatnya menentukan ukuran ketebalan senar. Jika ingin suara yang dihasilkan lebih "TEBAL" pilihlah string yang memiliki diameter tebal. Demikian juga sebaliknya, jika suara yang dihasilkan ingin lebih ringan pilihlah yang berukuran tipis. Memilih ukuran senar gitar pun harus tahu kelebihan dan kekurangannya.
  • Senar dengan diameter kecil lebih mudah dimainkan tetapi sangat rentan putus terutama saat memainkan bending strings.
  •  Senar dengan diameter besar memiliki volume suara lebih tebal, lebih keras dan memiliki gain yang panjang (suara lebih lama terdengar). Namun kekurangannya untuk gitaris pemula akan sulit memainkan bending strings dan jari akan terasa sakit saat memainkannya.
Selain ketebalan, bahan dasar senar gitar juga mempengaruhi warna suara yang kita inginkan. Ada 3 jenis warna suara :
1. Mellow - suara lebih nge-bass
2. Bright - suara terdengar agak cempreng
3. Briliance - suara terdengar seimbang antara mellow dan bright.

Bahan dasar senar yang sering kita temui dipasaran adalah sebagai berikut :
  • 80/20 Bronze : senar dengan jenis bahan dasar ini umum digunakan pada gitar. Suara yang keluar lebih bright.
  • Phospor Bronze : senar ini cocok untuk yang suka solo gitar. Suara yang dihasilkan briliance hingga sangat cocok untuk fingerstyle yang lebih banyak memainkan tapping dan petikan.
  • Silk Steel : Suara yang dihasilkan mellow, akan sangat bagus digunakan untuk memainkan musik aliran jazz atau lagu-lagu yang membuthkan kesan mellow.
  • Flat Tops : suara yang dihasilkan agak mellow namun juga sedikit bright sehingga enak jika digunakan untyuk memainkan musik jazz. Senar ini terbuat dari steel tapi seperti nylon.
Selanjutnya kamu juga harus tahu senar gitar yang kamu pilih memiliki lapisan atau coated atau tidak. Coated ini berfungsi agar senar gitar tidak mudah berkarat. Tapi seiring waktu lama kelamaan lapisan ini akan habis juga.

Agar kamu lebih paham, silahkan tonton video ini.

Kesimpulan

Dari beberapa faktor diatas, kesimpulan yang bisa kita ambil dari cara memilih senar gitar yang tepat adalah :
1. Pilihlah bahan yang tepat.
2. Pilih ukuran ketebalan yang sesuai dan enak dimainkan oleh jari kamu.
3. Plilihlah yang mempunyai lapisan atau coated.
Cara terbaik untuk menemukan karakter senar gitar yang tepat untuk genre musik yang sering kamu mainkan adalah dengan mencoba semua senar gitar tersebut. Dengan demikian maka kamu akan tahu senar gitar yang tepat untuk gitar kamu.

131 comments

sip tipsnya gann..
Kalo masalah ane.. mugkin gara2 salah pilih senar gitar..
jadinya gampang putus senarnya..
XD

Masalah gampang putus bukan hanya karena faktor salah pilih gan tapi mungkin bisa jadi terlalu kencang pada saat menyetemnya atau kondisi neck gitar yang sudah berubah

gan ane mau nanya sebelumnya maaf... ane kan punya gitar akustik yaa tapii senarnya itu ane ganti senar nylon tapi ini versinya bega gan, senar nylon biasa'a kan yang senar 123 itu warna putih ya terus aga ga terlalu cempreng ga seperti senar biasa nah ana beli senar gitar nylon tapi ini beda gan warna senar 123 itu warna hitam.. dan seperti kareet cuma tebal dan suara'a sangat berbeda jauh dibanding senar gitar nylon yang biasa...
menurut nte gimana gan???mohon balas ya ke gmail saya...
rajiyudinspeed96@gmail.com
saya tinggu terimakasihh... :)

sudah di balas ke email ya gan...

Sy msih pemula dlm dunia gitar, kmarin sy beli gitar akustik kata penjualnya senarnya yg di pake ernie ball 0.9 trus q browsing2 senar tersebut udah terglong senar bagus, tp kok di gitar sy suaranya agak cmpreng ya gan? Kata beberapa temen yg tahu mslah gitar katanya suruh ganti senar, menurut agan senar yg baik dan suara yg di hasilkan empuk senar apa ya gan? (minimal cocok buat bawain lagu2 andra yg 'sempurna', peter pan 'semua ttg kita') makasih gan tak tunggu infonya :)

agak susah juga sih pilih2 senar gitar yg cocok buat gitar kita, bagusnya agan cek dulu di you tube. banyak tuh contoh suara senar gitar yang bagus trus cocokin ma gitar punya agan.

sebaiknya cari tau dulu karakter gitar agan baru kemudian bisa disesuaikan type senar yg akan di pakai, karena meskipun sebuah senar dengan merek ternama sekalipun belum tentu cocok dengan karakter gitar agan.

gan , ane kn beli senar , nah isinya kan biasanya huruf jenis senar misal senar 1 E , nah yg saya beli ini beda gan , masa isinya angka 0.45 ,0.30 dan lain sebagainnya . nah itu cara nentuinnya gmn gan ?

diurutkan saja sesuai ukurannya, contoh ukuran 0.30 adalah senar nomor satu, nah yg no 2 nya berarti satu tingkat lebih tebal dan seterusnya

Gan mau nanya nih, saya punya gitar akustik elektrik senar abis saya ganti semua dengan ketebalan 008-038 senar 4 5 6 kalo lagi main di chord balok suka getaran senarnya suka mentok ke fret . Itu knapa ya gan ? Senar terlalu tipis apa ada hal lain ? Ditunggu ya gan balesannya diemail saya rizqonashabularahman@gmail.com

sudah di balas ke email gan..

Mau tanya nih, saya pingin beli gitar , tp sy bingung nentuin jenis senarnya, mau nilon atau string. Kalau misal saya beli gitar yang jenis senarnya string, klo sy bosen misalnya, di ganti pke yg nilon, tu gmn ya ? :)

Kalo punya gitar yg biasa pakai string, jangan di ganti sama nylon soalnya suaranya di jamin ga kan enak. perlu tau juga kalo gitar dengan senar nylon, itu khusus untuk gitar klasik atau lebih cocok untuk memainkan lagu2 klasik

Gan, ada yang bilang bersihin senar bisa pake minyak kayu putih. Itu bener gak?
Thx before

Bisa saja sih, tapi lebih baik pake pembersih khusus senar biar ga cepat rusak senarnya

sorry baru bales, baru bisa online nih...kedua merk senar tsb punya beberapa tipe dan ukuran gan, panjang banget kalo ane jelasin disini. tapi intinya suara yg keluar tergantung dari ukuran, semakin tipis ukuran senar suara yg keluar semakin "Bright"

Gan Mau Tanya Nih Gitar Saya Yamaha F-330
Pake Senar Yang Cocok Ukuran Berapa Ya?
Silahkan Balas Aja Gan Ke Email Saya

Sofiesa27@gmail.com
Mksh Sebelumnya

sudah dibalas ke email ya

Biasanya ada yang EJ 10 sama EJ 15 itu bedanya apa ya ?

Gan mau tanya
Saya masih pemula dan suka kesakitan jika memainkan gitar,
Nah senar yg suara bagus dan tidak sakit yg cocok untuk pemula apa ya gan?
Thx before

maksudnya gimana ya? ane kurang paham sama pertanyaan nya

kalau belum terbiasa emang begitu, sebagus apapun senar yang di pake tetep aja pasti sakit. saran saya sih terusin aja main nanti lama-lama ga skit koq

Gan,gitar saya akustik elektrik cole clark.waktu pake 0.9 bright tapi empuk.nah pas pengen suara lbh tebal dan panjang sustain ny pake yg 0.52 senar 6 ny.tapi stem standar hasilnya agak kenceng dan cenderung tinggi dr fret ny.agak sulit main melodi,solusi nya gmn gan?

Balas ke email ku ya.
Ahmadsantoso97@gmail.com.

Thanks

sudah dibalas ke email ya

Gan ane mw tanya, ane punya gitar yamaha f 310, senar bawaanya sakit banget di tangan klo dimainin, menurut ente gitar ane cocoknya pke senar merek apa,ukuran brapa,? Tlong info harga senarnya jga ya gan,,makasih☺

gan mau nnya kalo senar standar gitar yamaha f310 ukuran brp ya ?

Gan saya jg baru beli gitar akustik nih, nah tapi ko aga buz yah string ke 6 sama 5 nya, jadi kalo ga keteken bener si vibra tuh kedenger bgt ga enak gtu, kata si empu yg jual gitar sih itu masalah saddle, btw aku udah ganti sama saddlenya, nah trus kalo ganti senar pake ukuran brpa yah biar si stelan ga terlalu kenceng, blesnya ke msandikah@gmail.com, thx gan

gan gitar ane yamaha CPX 500, ini masih pake senar bawaan sy rasa ga enak dan keras. cocok nya pake senar apa ya untuk CPX agar tidak keras dan enak suaranya .. thnks

Bang mau nanya. Saya masih pemula, dan saya blm lama beli gitar akustik elektrik lakewood tapi yg custom bang. Nah sempet ada kendala pas saya coba dirumah padahal saya coba di sana sehat2 aja bang gitarnya, kendala nya pas pertama beli fretnya ngga rata bang katanya, pas dimainkan selalu "depdepdep" gitu dah bang kaya ada yg ganjel. Akhirnya dibenerin lagi tuh bang disana, pas dibenerin si udah ngga begitu lagi bang emang, saya coba juga enak tapi fret sm senarnya jadi jauh bgt bang sama senarnya dan juga sampe rumah saya coba steman standart pake elektrik tuner tapi lglg ada kendala bang, udah pas steman nya sm tunernya tapi dimainin kaya blm ke stem bang, jadi ngaco dikit bang suaranya, ngga sesuai steman. Mohon tips nya dong bang buat saya yg pemula. Terima kasih

ane punya gitar akustik gan, barusan ganti senar dari earthw*od 0.11. Tapi pas dipasang, senarnya kok terasa kencang banget dan di putar saat distem kok keras banget lalu dimainin sakit banget dan juga senar 1 & 2nya kok baru beberapa jam kok udah karatan.

pertanyaan ane :
- Apakah ketebalan senar juga berefek terhadap kekencangan senar?
- apakah senar yang terlalu kencang dapat berpengaruh ke neck gitar?
- dan juga sekarang ane pengen ganti senar lagi mereknya d'addario. tapi ane bingung pengen ambil yang tipe apa.
ane minta rekomendasinya dong

bales ke reinaldiprasetya@asia.com ya gan

Suwun :)

sy mau tanya nih gan.... klo senar gitar akustik diganti sama nylon bisa gak y gan? sy msh pemula jd pgn senar yg klo dipake gk bikin jari sakit gan...mohon dibalas y gan,tolong kirim balasanya ke email sy anisamumtaz162@gmail.com

gan ane mau tanya..ane punya gitar yamaha c310 itu cocok nya pake senar apa ya??ane pake senar string tapi kaya kurang pas gitu suara nya..tolong bales ke email saya ya..louisandreas73@gmail.com

gan buat gitar yamaha f310 pake senar apa ya yg bagus?

Gan aku punya gitar yamaha f310 senarnya putus. Enaknya ganti senar apa ya ? Bales ke email akbarbintangpp@gmail.com ya gan makasih hehe

Gan mau nanya nih untuk ukuran standart senar di gitar yamaha apx 500 enakan pakai senar yg ukuran berapa ya...? 0.8 atau 0.9 atau 10 mohon pencerahannya

Tlong jwban pertanyaan yg di atas q kirim ke imail q gan ...
Permasalahan sma kya yg di atas q
Hariemaestro81@gmail.com

Gan,thanks infonya,tapi saya masih bingung,punya saya gitar akustik elektrik , dan punya saya nylon string. Nah saya mau beli senar d'addario atau elixir,agan tau ga tipe nya klo d'addario yang apa,dan yang elixir yang apa yg cocok sama gitar ane?,maaf newbie

Gan saya punya gitar yamaha f310 pengen ganti senar,bagusnya senar extra light apa light ya gan,soalnya saya juga masih pemula sih,kirim ya ke e-mail saya-> randymahen@gmail.com

mendingan ganti sama senar yg sama(string) kalo diganti nanti suaranya bakalan aneh gan

gan mau tanya nih, ane baru beli cort sfx-op. secara body lebih pipih nih gan. kebetulan kalo dipake di nada "E" dasar, senar jadi kenceng bgt gan, jadi suaranya ga se garing kalo pake di nada "D".
mohon info gan, apa harus ganti senar agar main di nada E bisa enak suaranya?
email ke adamtheater@gmail.com ya gan

Mas kalo gitar yamaha f380 bagusnya senar apa ya ? Salah beli senar gitar saya beli dikasih fender tapi malah susah belajarnya karna terlalu keras. kirim ke email ya. Trimakasih

saya rasa masalhnya ada di ketinggian senar gitar nya , mungkin waktu di benerin di ganti sadle bridge nya jd ketika dimainkan suara nya ga enak, coba aja beli baru sadle bridge nya harga nya murah kok

Balas di sini aja ya biar yg lain pada tau juga

1. Ketebalan berpengaruh banget dengan kekencangan senar, semakin tebal senar akan semakin terasa kencang.

2. Kalau setiap habis dipakai dilonggarkan lagi senarnya mungkin tidak ada efek ke neck gitar, tapi kalau dibiarkan kencang lama-lama neck akan melengkung

3. Sesuaikan saja ketebalan senar yg di rekomendasikan pabrikan misal ukuran senar 1 nya 0.011

mungkin maksud kamu senar gitar string di ganti sama senar nylon, gitu ya? hmm bisa saja tapi senar gitar nylon itu khusus untuk gitar akustik classic

coba yang ukuran light 0.1 biar ga terlalu tipis

Klo mau suaranya tebel, pake ukuran medium aja gan (013-056), tapi tegangannya keras, sakit di jari klo blm terbiasa. Ukuran Light (012-054) jg lumayan. Klo yg ukuran Extra-Light, menurut saya suaranya terlalu tipis utk ukuran body dreadnought, coz pernah coba di F310 saya.

kalo merk sya suka D'Addario tapi kalo ukuran coba yang medium light

maksudnya kurang pas gimana ya?

pake yang ukuran light (011-054)

pake yang ukuran light (011-054)

Mas, numpang nanya nih, ni saya kan punya gitar yang lehernya lebar, dominan/ semuanya jenis senarnya nylon kan... nah, pertanyaan singkat, apa gk bisa gitar model leher tebal ini dipakein steel string? alasannya?

terima kasih sebelumnya :)

Bisa saja cuma suaranya pst ga enak

Asllamualaikum, gan ,,,, mau nanya nih saya punya gitar yamaha,menurut agan senar yang bagus apa?,
Sama ukuran senar nya yng berapa?
Mohon di blz gan,, thanks

Gan mau nanya nih,saya mau ganti senar trus kira"senar yng bagus apa, n sama ukuaran nya berapa,gitar saya yamaha.
Mohon di blz gan,thanks.

Kak sya punya gitar yamaha fg-325 kira" senar yg cocok apa ya?
Soalnya sya masih pemula..
Tlong bantuan.nya ya.. Mkasihh

Tolong masukannya om GW mau nanya Senar exlixir tipe apa bang yg cocok untuk gitar Yamaha f310 kalo mainnya tipe fingerstyle, makasih sebelumnya

Mau nanya gan senar exlixir tipe ap yg bagus untuk main gitar tipe fingerstyle pada gitar Yamaha f310 makasih sebelumnya

Gan mau nanya gitar saya Yamaha c 315, senar strings no 4,5,6 yang recomended merk apa ya dan ukuran berapa? Thanks gan

mat sore gan... mau nanya neehh .... sy punya gitar merk samick greg benner, bagusnya pke senar yg merk apa dan tipe apa ya ? soalnya senar bawaanya sakit banget ditangan..... m ksh banyak..

Bang saya punya gitar Yamaha G-225, kira2 senar yg bagus dan cocok senar yg kayak gimana ya bang?mohon dibalas, trmks..

Kak, saya punya gitar APX500II, tapi senar aslinya putus, cocoknya pake senar apa? Yang enak aja buat dijari biar ga sakit soalnya saya masih pemula:)
Tolong dijawab:)

Gan saya mau tanya..
Saya punya gitar askutik klasik yamaha c315. Senar yang cocok nilon merk apa dan ukuran berapa ya,gan.?
TLong balez y, d email saya :pramonoid88@gmail.com terima kasih

Untuk sekedar dimainkan sehari-hari saya kira sudah pas pakai medium/normal tension. Seimbang: cukup mudah dimainkan, suaranya juga cukup nyaring. Kalau normal masih terlalu berat bisa beli yang light tension. Lebih enak ditangan kiri, tapi suara kurang nyaring, dan buat tremolo picking kurang enak.

Merek terserah, sesuaikan anggaran. Saya sendiri pakai D'Addario Pro-Arté EJ45 normal tension. Agak mahal sih tapi suara bagus.

Gan mau tanya kalo untuk gitr akustik elektrik yamaha apx 500ii enakan pake tali apa ya?

Gan kalo tali gitr untuk yamaha apx 500ii pake senar merk apa ya biar enak mainnya

Mau nanya mas. Ukuran senar bawaan apx500ii itu brpa ya?

pake elixir yang ukuran 10 ato 11 gan
dijamin awet itu senar sekitar 3 bulanan ato bahkna lebih

pake elixir yang ukuran 10 ato 11

merk sih bebas sesuaikan dengan budget, yg perlu diperhatikan itu ukuran nya, baca baik-baik artikel nya

kurang tau saya, soalnya punya saya udah ga pake senar bawaan

Klau pakai D'ddario Pro-Arte'EJ45 Normal Tension yg gan pakai, klau untuk gitar yamaha c315 pakai senar itu ukuran berapa gan. Terima kasih..

Om bro yg baik hati..
Apx 500ii br beli keras bgt senarnya main 2 lagu jari sakit n pegelsmua..kira2 klo ganti senar yg soft merk apa yah om ? Thanks before..

Gan.. saya ada gitar fx310.. nah misal saya pakein snar elixir ukuran 0.11 apa neck nya bisa melengkung ya?? Coz neck dri yamaha kan dari kayu nato. Yang notabene kurang bagus hehehe.. ohiya skalian boleh minta nomor wa atau yg lain yg bisa dihubungi? Biat konsultasi hehe.. trimakasih

Gan.. saya ada gitar fx310.. nah misal saya pakein snar elixir ukuran 0.11 apa neck nya bisa melengkung ya?? Coz neck dri yamaha kan dari kayu nato. Yang notabene kurang bagus hehehe.. ohiya skalian boleh minta nomor wa atau yg lain yg bisa dihubungi? Biat konsultasi hehe.. trimakasih

Apakah bisa senar elecktirick di pakai di akustik? Dan sebaliknya?

Dan untuk gitar cort AD810E senar apa yg cocok ya bang? Skrg sy pke fneder 80/20bronze, size 010-048, suara cempreng bang. Mksi sblumnya

mau tanya, saya baru beli gitar anderson afe 12-n yang kecil, dimainin terasa keras, dari hasil googling ukuran senar bawaannya itu 0.11, kalau ganti ke 0.10 jadi empuk kah? atau bisa ganti ke 0.09 juga?

gan saya baru belajar gitar ne,,dapet gitar klasik kayaknya soalnya ciri2nya sayagoogling itu ciri2 gitar akustik klasik,,nahawalnya kan saya pasangin senar steel tapi waktu browsing ngeliat blog katanya kalau klasik di pasangin senar steel itu bahaya but gitarnya,,jadi saya ganti ke nylon tapi waktu dah di pasang trus di tune kondiai senar kenceng banget suarnya juga gk bagus,tuning dah pas tapi suarnya kurang bagus,trus lama klamaan tuning jadi brubah turun sya coba tuning lagi malah putus dua kali saya ngalamin kek gitu sama ne gitar,,ada saran :(

Gan, kalau untuk gitar cort jade 1e op senar yang cocok ukuran berapa?

Gan, ukuran senar yang cocok untuk gitar cort jade 1e op apa ya?

pake elixir yang ukuran 10 ato 11 gan

kalo suara cempreng mungkin ukuran senar terlalu kecil atau jarak fret dengan senar terlalu dekat

Gan ukuran senar gitar yg cocok buat yamaha f370 ap ya?

Gan Mau Nnya
Senar Gitar Yg Gak Bikin jari Sakit Yamaha G-225

Gan Mau Nnya
Senar Gitar Yg Gak Bikin jari Sakit Yamaha G-225

senar abis saya ganti semua dengan ketebalan 008-038 senar 4 5 6 kalo lagi main di chord balok suka getaran senarnya suka mentok ke fret . Itu knapa ya gan ? Senar terlalu tipis apa ada hal lain ? Ditunggu ya gan balesannya

Gan...saya pake gitar yamaha APX 500 yang cocoknya pakai senar merek apa dan ketebalan berapa yaa?? saya pakai D'dario 0,9 tunenya sering lari setelah dipakai 2 atau 3 lagu. thanks gan

Om senar yang bagus buat f310 ddadario apa elixir?

Gan..mau nny,senar elixir ap yg cocok untuk gitar taylor (custom)
thank you

Gan gitar saya Yamaha FG 225 saya ganti senar nylon,terus senar nomor 456 warnanya mas,suara nya kok GK enak ya gan,senar 123 warna putih suaranya enak,minta sarannya gan??

Gan mau tanya , saya punya gitar semodel sama yamaha apx, saya pakai senar no 10 .nah karnaa jarak senarnya ketinggian saya rendahin ketukang servise alhasil lebih enak dimainkan tapi beberapa hari kemudian hanyaa senar nomer 1 , fret 1 dan 2 jadi ngefret
Pertanyaannya
Apa harus ganti senar dan jika iya kira kira beli nomer berapa yaa ?

Salam mas.
Saya punya gitar akustik ukuran standar. Saat beli sudah satu set sama senarnya ukuran 0.9
Kemaren akhirnya saya ganti senarnya semua setelah beberapa waktu dipake. Saya pake d adario 0.10. Nah saya suka banget sama suaranya, tapi kata penjualnya disuruh pasang yg ukuran 0.9 aja soalnya kalo 0.10 terlalu gede.
Pertanyaan saya:
Apa kalau saya ganti dari gauge 0.9 ke 0.10 akan membuat gitar saya bermasalah seperti melengkung, dan sebagainya?
apa saya perlu bawa gitarsaya ke bengkel gitar buat di setting biar bisa pakai senar 0.10?
Saya tunggu jawabannya. Terimakasih banyak sebelumnya.
Kalau bisa dikirim ke email saya choriamanah@gmail.com
Tapi dijawab disini juga gakpapa biar banyak yg tau
*tapi nanti saya dapat notifikasi atau enggak ya? ��

Permisi, maaf nyambung.
Apx 500ii,lebih cocok ukuran 10 atau 11 ya mas?
Makasih

Permisi, maaf nyambung
Lebih tepatnya cocok yg ukura 010 apa 011 mas?
Makasih

Daniswara Kumaradipta delete 21 Agustus 2018 pukul 20.03

Mas, saya kemarin kan beli yamaha apx 500ii custom ukuran senar 0.9 tp sering kesenggol fret, udah dicoba diputer stangnya emang jadi agak ngga kesenggol tapi jadi gampang getar kena fret jadi suaranya ga enak kalo untuk genjreng yang agak keras kaya lagu "Oasis dont look back in anger" juga jadi jelek suaranya, saran pilih ukuran 0.10 atau 0.11 gan?

Gan ukuran senar apx 500ii apa ya, soalnya saya pake fender 0.9 gamapang kesenggol fret, jadi 0.10 atau 0.11 gan?

Kak. Anakku br blajar gitar. Kl yamaha c315 cocok gak di pakai anak SD. Trimksh jawabannya.

gan senar yang cocok buat APX600 pake merek apa dan ukuran brapa, buat sehari-hari.
Trima Kasih

Wah pertanyaannya kurang spesifik nih, gitar yamaha kan banyak type nya dan belum tentu merk senar gitar tertentu cocok dengan gitar agan. Sebaiknya cari yg sesuai type gitar yg kamu punya

bisa melengkung kalo stem nya terlalu kencang dan sehabis pake ga di kendorin lagi, kalo saya biasanya sehabis pake saya kendorin senar nya biar gitar nya awet

senar buat gitar electrick bisa saja dipakai buat gitar akustik tapi tidak sebaliknya

boleh tuh coba yg ukuran 0.09

banyak faktor gan yg bikin senar kenceng banget pas waktu di stem standard terlalu panjang kalo saya jelasin di komentar

mungkin bridge nya terlalu pendek jadi watu di genreng di kena fretgitarnya, coba agak di tinggi kan bridge nya

untuk anak SD kelas berapa ya?setahu saya ubtuk anak sd cocok nya gitar tyoe CS-40 karena ukuran gitar nya 3/4 dari ukuran gitar biasa

Selamat malam gan, untuk gitar yamaha F-310 cocok nya pakai senar merk apa ya gan? Dan ukuran nya berapa gan? Buat pemula gan

Selamat malam gan, untuk gitar yamaha F-310 cocok nya pakai senar merk apa ya gan? Dan ukuran nya berapa gan? Buat pemula gan

Dear mas dedi rustandi ,
Tolong ding infonya untuk pertanyaan saya berikut ini .
Saya punya gitsr apx 600 ,dan ukurn senar tebal sekali mungkin pakai 011 kadang kalau saya stam di nada standar e agk terasa keras apa kaha perlu di turunkan 1 nada agar neck tidk bengkok ?? Dan kalau setiap kita bermain gitar kalau kita kendorkan senarnya setiap saat apakah tidak akan bepngaruh nanti ke pengaturan senanrnya yg takutnya jebol ...
jugaMending d aderio / elixirnt info yg cocok untuk bermain fingerstyle ukuran berapa ?
Toling bang dedi balas via emile andrysetiawangecik@gmail.com . Mohon balasanya mas dedi rustandi

Gan mau tanya, kemarin saya beli gitar yamaha f310 dan setelah di test suaranya ya lumayan lah untuk pemula seperti saya tapi ada yg kurang sama senar bawaannya dan saya rasa senar bawaan ini terlalu keras untuk saya , kemudian saya ganti pakai senar d'addario extra light uk 0.10 - 0.47 dan setelah di test suaranya kok jadi mendem ya ( suaranya kayak senar mati terutama senar 3,4,5,6 ) kira2 itu penyebabnya apa ya gan? Dan ukuran berapakah senar bawaan yamaha f310 ? Kohon dijelaskan ya gan , terimakasih

Gan mau tanya, kemarin saya beli gitar yamaha f310 dan setelah di test suaranya ya lumayan lah untuk pemula seperti saya tapi ada yg kurang sama senar bawaannya dan saya rasa senar bawaan ini terlalu keras untuk saya , kemudian saya ganti pakai senar d'addario extra light uk 0.10 - 0.47 dan setelah di test suaranya kok jadi mendem ya ( suaranya kayak senar mati terutama senar 3,4,5,6 ) kira2 itu penyebabnya apa ya gan? Dan ukuran berapakah senar bawaan yamaha f310 ? Kohon dijelaskan ya gan , terimakasih

Gan mau nanya nih saya msih pemula,senar yg cocok buat gitar ibanez apa ya?soalnya senarnya putus

Gan... Aq bru beli yamaha apx600.senar yg tepat buat q merek apa ya. Aq suka main petikan sprti yg srg di mainkan boyce avenue gan. Klo aq baca di artikel agan, mgkn yg tipe briliance/phospor bronze apakah cocok gan? Tp klo bisa yg empuk juga senarnya. .. Kira2 merek apa yg rekomen gan? Bls aja ke email aq aja gan ikoparay@gmail.com trims gan

Gan gitar ane Yamaha apx500II,pakai d,Addario ukuran 11 neck nya kuat ga ya..takutnya bengkok stang/neck gitarnya

Permisi Bang, kalo senar bawaan Yamaha itu merk apa ya?

Gitar saya APX600, rencana mau pake Elixir PhosBronz. Nah ukurannya sih 0.11

Apa ada rekomended u/ gitar saya?

Terima Kasih Bang

Gan gitarku apx 600 senarnya yg cocok apa ya gan elixir ato d'addario ? Ukurannya yg pas brp ?

Gan g 225 bagus pakai nylon atau string?

Gan mau tanya, barangkali tau. Ukuran tuning yamaha c315 berapa mm ya?
Punya ku rusak, mau ganti tapi takut salah :( makasi..

Mantap abangnya baik banget dibalesin semua pertanyaannya, sukses terus bang

Bang kalau senar yang cocoknya buat pemula ukuran berapa ya bang??

Ukuran senar asli cord ad810 berapa ya?😁

Bang saya baru beli gitar Yamaha F310 sakit saat saya mainkan,senar yang cocok buat gitar Yamaha F310 apa ya? Terima kasih

bang. Gitar Cs40 buat pemula enakny pake senar apa. terima kasih
sebelumnya ane pakai dadario ej15 bronze. tapi sakit tangan saya dan ada suara bising kalo kurang ditekan pada kunci

Berkomentar sebagai dickyfairytail@gmail.com
Beri komentar sebagai:

Kalo sakit coba ukuran nya di turunin pake yg 0.1

Mas mau tanya senar gitar yg cocok untuk yamaha apx 500 pa ya... Tipe nya o.9 apa 010

Bang mau tanya.. sy ada beli gitar custom akustik elektrik lokal.. saya sempat coba pasang senar ukuran 012,tp sadle dan pin bridge nya malah jd korban alias rusak.. sebaiknya agar suara maksimal pake senar ukuran brp ya? saat ini jd pake ukuran 010.. Thank you

Setelah pake ukuran 010 gimana suaranya?kalo masih bagus ya pake aja yg itu