Tips Cara Memilih Gitar Elektrik yang Bagus dan Baik

Kali ini saya mau share tips cara memilih gitar elektrik yang bagus dan baik untuk pemula. Di pasaran banyak sekali beredar merek - merek gitar ternama seperti Ibanez, Fender, Gibson dll. Tetapi untuk mendapatkan gitar yang bagus tidak perlu beli yang mahal kok. Banyak gitar elektrik buatan lokal yang ga kalah kualitasnya dengan merek internasional.


  1. Tentukan Harga atau Budget
    Nah inilah yang pertama kali harus kamu pertimbangkan. Untuk yang punya budget lebih, mungkin membeli gitar elektrik yang mahal  ga jadi masalah tetapi untuk yang punya budget pas-pasan bisa jadi masalah besar. Coba kamu searching di google gitar apa saja yang di jual pada kisaran harga tertentu misalnya gitar elektrik di bawah harga 3 jutaan.
  2. Bentuk Body
    Sesuaikan bentuk body dengan tubuh kamu. Aneh banget kan kalau body kamu kecil trus pake gitar dengan body yang gede.
  3. Ketebalan Neck atau Leher Gitar
    Sesuaikan ketebalannya dengan tangan dan jari kamu. Pastikan kamu merasa nyaman saat memegang nya jangan sampai nanti pada saat dimainkan tangan mu terasa pegal.
  4. Jarak Antara Fretboard dan Strings
    Coba perhatikan jarak antara fretboard dan senar gitar. Apakah terlaht lebih lebar/tinggi atau terlalu dekat? Jarak ini mempengaruhi suara yang dihasilkan. Coba mainkan dengan nada normal lalu cek apakah terdengan suara "BUZZ" atau tidak. Jika iya, mintalah petugas toko untuk melakukan adjustment.
  5. Setel atau Setem Gitar dan Mainkan
    Beberapa dari kamu mungkin tidak nyaman untuk memainkan nya di dalam toko karena merasa belum jago. Tetapi ada baiknya kamu mainkan agar kamu tau gitar ini bermasalah atau tidak. Jika kamu tidak mau memainkannya karena malu atau tidak nyaman, kamu bisa melakukan sedikit String Bending ke atas dan ke bawah. Lalu coba perhatikan apakah terjadi perubahan nada pada senar yang mengakibatkan kamu harus menyetel ulang atau tidak. Jika tidak terjadi artinya gitar itu layak kamu beli.
  6. PickUp
    Pick up adalah nyawa dari gitar elektrik, benda inilah yang membuat gitar kamu bersuara nyaring. Rata-rata gitar elektrik mempunyai 2 pick up. Masing-masing dari pick up ini mempunyai fungsi sendiri-sendiri. Untuk Pick up gitar yang berada dekat dengan neck berfungsi untuk menghasilkan suara yang lebih tebal sedangkan yang di belakangnya akan mengeluarkan suara lebih treble.
  7. Jenis Musik yang Dimainkan
    Inilah yang paling penting. Jangan sampai kamu salah beli gitar. Kalau kamu mainin musik Rock, Trash Metal , atau Heavy Metal jangan pake gitar yang khusus buat main Jazz atau Fusion.
Nah itu dia tips cara memilih gitar elektrik yang bagus dan baik. Kalu masih ada yang kurang tolong tambahin aja deh di kotak komentar ya :).

2 comments

thx infonya gan :) jadi mengerti nih :)

sangat beranfaat, main2 ke blog saya juga ya https://abrorshare.blogspot.co.id/