Tips Cara Cepat Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula

Belajar gitar untuk pemula - Mungkin kamu pernah merasa bingung, bagi pemula belajar nya itu harus mulai dari mana? Untuk menjawab pertanyaan itulah saya mencoba menyusun artikel ini. Belajar Chord gitar adalah salah satu aspek yang sangat penting. Tidak peduli kamu memainkan gitar akustik, gitar elektrik, rock, folk, jazz atau klasik. Kamu harus mengerti tentang chord gitar.

Jika saat ini kamu tidak dapat memainkan satupun chord gitar, ada baiknya kamu hapalkan kunci dasar gitar yang umum dipakai seperti kunci E, A, B, C, D G yang akan di bahas secara lebih detail di bawah ini.

Bagaimana Cara Belajar Gitar Untuk Pemula Yang Benar?

Ada struktur yang harus kamu ikuti di sini dan kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal jika mengikuti instruksi cara bermain gitar dengan benar. Untuk memulainya, tahap pertama adalah hapalkan dulu kunci dasar gitar yang sering digunkana yaitu kunci A, Am , B , Bm , D , Dm ,E ,Em , C , G  keterangan Am : A minor , Dm : D minor dan seterusnya. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar kunci gitar di bawah ini :

Kunci / Chord Gitar A major




chord A
Pada chord ini, posisikan semua jari pada fret ke 2, yang digunakan hanya jari telunjuk, jari tengah dan jari manis. Posisi jari pada gambar di atas, bukanlah sesuatu yang baku. Kamu boleh saja menukar posisi jari telunjuk, tengah, jari manis sesuai dengan enak tidak nya kamu memposisikannya.Biarkan senar ke 5, 6 dan senar ke 1 pada posisi terbuka.

Kunci / Chord Gitar E



Chord E atau kunci gitar E ini menurut sebagian orang lebih mudah dalam melakukannya dibandingkan Kunci A di atas. Pastikan saat menekan senar, untuk senar ke 1, 2 dan 6 dalam posisi terbuka lalu coba bunyikan satu persatu. sampai suara tiap senar gitar terdengar "Bersih".

Kunci / Chord D major


Cobalah menempatkan jari seperti gambar di atas dengan jari yang sama. Mulai dengan jari telunjuk pada senar ke 3, jaritengah pada senar ke 1 lalu jari manis pada senar ke 2. Petik senar satu persatu mulai darisenar ke 4, ke 3 ke 2 lalu senar ke 1. Pastikan suara terdengar halus dan bersih.

Kunci / Chord G major


 Ketika pertama kali belajar chorg G ini, saya dulu merasa kesulitan terutama untuk memposisikan jari tengah dan jari manis. Dibutuhkan kelenturan yang maksimal agar suara yang dihasilkan terdengar merdu. Jadi kamu harus melakukan stretching dulu biar tanagan kamu tidak sakit.

Kunci / Chord C major






Berhati-hatilah saat mencoba kunci chord C ini. Pastikan senar gitar yang tidak di tekan benar-benar tidak tersentuh jari lainnya agar suara terdengar bersih. Cobalah melakukan strumming lalu petik satu pesatu dan strumming lagi untuk memastikan senar yang tidak di tekan dalam posisi bebas. Biasanya jari ke 3 atau jari manis akan menyentuh senar ke 3 atau senar D sehingga ketika dipetik , senar  D ini terdengar kurang bersih bunyinya.

Sebenarnya masih banyak chord gitar yang lain yang perlu di hapal. Tapi untuk pemula menghapal 4 buah kunci saja sudah cukup. Meskipun hanya kunci gitar di atas yang kamu hapal, kamu sudah bisa menyamyikan sebuah lagu dengan hanya menghapal 4 buah chord saja. Dan kita akan lanjutkan pada artikel selanjutnya. Pada artikel selanjutnya, saya akan membahas bagaimana cara strumming gitar atau menggenjreng gitar dengan 4 buah chord di atas.

Jika dirasa perlu kamu bisa membaca artikel - artikel lain seperti nama bagian-bagian gitar, nama-nama dari open string atau senar terbuka, cara menyetem gitar, cara memegang dan menggunakan pick, cara memainkan kromatis , cara membaca diagram chord gitar.

Belajar gitar memang butuh kesabaran apalagi untuk seorang pemula. Kalau kamu termasuk orang tidak sabaran dijamin akan terasa sulit. Jadi bersabar dan berlatih adalah kunci kesuksesan kamu menjadi seorang gitaris yang handal.Nah itulah Tips Cara Cepat Belajar Gitar Untuk Pemula, semoga bermanfaat.

image source: www.justinguitar.com

3 comments

dari mana belajarnya ? saya genjreng aja gak tahu caranya. hehehe
tolong dikasih saran ya, karena saya jg mau belajar.hehe
,makasih

Belajar harus di sertai praktek..
jika kamu mengguakan android, untuk bahan praktek, kamu bisa menggunakan aplikasi Ini

salam hangat dari kami ijin menyimak gan, dari kami pengrajin jaket kulit