Latihan Melakukan Hammer-On Dan Finger Picking

Seperti yang saya janjikan pada posting sebelum nya, kali ini saya akan menjelaskan mengenai teknik Hammer - On dan Finger Picking.

Pada dasarnya teknik Hammer - On sangatlah mudah dimainkan. Kita hanya membunyikan satu nada pada satu senar gitar lalu tanpa melakukan petikan pada senar yang sama, kita membunyikan nada lain pada fret yang lebih tinggi.  Hhmmm...susah juga ya jelasin nya. Oke deh kita lihat lewat contoh gambar saja supaya kalian ngga bingung.

image by guitar.about.com
Lihat pada gambar di atas :
- Letakan jari telunjuk kamu pada senar ke 3 pada fret ke 2
- Kemudian petik senar ke 3 tersebut
- Lalu tanpa memetik lagi senar, letakan jari manis dengan cepat pada fret ke 4 sehingga suara senar masih terdengar meskipun kamu tidak memetik senar lagi.

Nah mudah-mudahan sekarang kamu sudah paham mengenai Hammer - On. Teknik ini biasanya digunakan pada saat melakukan solo gitar dan akan sangat mudah dimainkan dengan menggunakan gitar listrik.

Untuk teknik finger picking saya rasa kalian sudah tau. Memang ada beberpa teknik finger picking yang berbeda diantaranya : Alternate picking, Economy picking, Hybrid picking, Sweep picking, Tremolo picking dsb. Namun pada dasarnya, finger picking adalah cara memetik gitar yang saya yakin kalian sudah secara tenik dasar melakukan petikan pada senar gitar. Untuk lebih jelasnya dari macam-macam finger picking diatas , kita akan pelajari di artikel selanjutnya.