Alternate Picking - Tips dan Trik Berlatih yang Baik dan Benar

Alternate picking adalah salah satu teknik memetik gitar dengan kecepatan tinggi secara terus menerus pada satu senar gitar atau lebih yang biasanya akan kita temukan pada lagu-lagu rock. Teknik ini lebih cocok dilakukan dengan menggunakan gitar listrik. Pola yang dilakukan pada teknik ini adalah turun - naik (down - up) atau naik- turun (up - down).





Meski terlihat mudah namun teknik ini merupakan salah satu teknik dasar yang paling sulit dikuasai. Untuk mengusainya, kita butuh kesabaran dan ketelatenan karena akurasi dan power adalah salah satu poin yang harus diperhitungkan.

Seperti yg saya sebutkan di atas, teknik ini lebih cocok dilakukan dengan gitar listrik. Banyak sekali gitaris dunia yang piawai memainkan alternate picking diantaranya, Paul Gilbert, John Petrucci dan Kirk Hammet. Mereka sangat hebat dalam memainkan Alternate picking sehingga banyak gitaris menjadikannya sebagai inspirasi untuk kemajuan teknik gitar mereka dan saya salah satunya.

Kalau kamu suka aliran rock dan sejenisnya yg membutuhkan kecepatan, sudah pasti kamu akan menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari teknik ini. Jika kita mampu menguasainya, niscaya kita akan mampu memainkan gitar dengan cepat dan terjaga akurasinya.

Berikut ini adalah beberapa cara agar kita bisa memainkan Alternate picking dengan baik.

1. Lakukan stretching atau pelemasan otot pergelangan tangan kanan kurang lebih 5 menit sebelum berlatih. Sementara itu untuk tangan kiri kamu bisa menggunakan fingergrip dan biasakan melatihnya minimal satu jam per hari( lebih lama lebih baik). Oh iya, kalu kamu belum tahu apa itu fingergrip, fingergrip adalah alat yang bisa kita gunakan untuk senam jari yang terbuat dari pegas.




2. Pilih pick gitar yang berujung runcing, pastikan ketebalannya tidak lebih dari 1 mm. Posisi ujung pick yang keluar dari genggaman jari jangan terlalu banyak agar agar power lebih maksimal.

3. Pastikan saat berlatih, power yang dihasilkan berpusat pada pergelangan tangan bukan pada siku tangan. Tetapi siku tangan kamu pun harus rileks agar kamu tidak cepat lelah dan alternate picking yang dihasilkan lebih konstan.

4. Jika baru pertama kali belajar Artenate picking sebaiknya jangan dulu menggunakan distorsi agar kamu bisa mengetahui seberapa bersih suara yang dihasilkan meskipun pada kecepatan tinggi. Setelah dirasa cukup berhasil barulah gunakan distorsi secara bertahap dari setingan rendah hinga tinggi.

5. Jika kamu ingin belajar Alternate Picking dengan konstan ada juga cara unik yang mungkin bisa kamu coba, yaitu sangat simpel karena hanya dengan cara picking dawai dengan kecepatan sedang hingga tinggi pada satu nada saja selama 1-1,5 menit tanpa henti, dan kecepatan harus konstan tidak boleh turun apalagi terputus atau berhenti. Cara ini memang terlihat ngaco namun coba saja pergelangan tangan kamu pasti akan terasa sangat pegal, karena melakukan picking selama 1,5 menit tanpa henti tanpa putus pada 1 nada saja.


Nah itulah sedikit tips untuk berlatih Alternate Picking yang  baik. Semoga bermanfaat. 

1 comments:

Mantap gan