Cara Mencari Kunci / Chord Gitar Sebuah Lagu

Bagaimana cara mencari kunci atau chord gitar sendiri ? Mencari kunci atau chord gitar dari sebuah lagu mungkin merupakan hal yang cukup sulit bagi seorang pemula. Tetapi, sulit bukan berarti tidak bisa. Dulu waktu pertama kali saya mulai belajar gitar saya sangat ingin sekali bisa memainkan sebuah lagu sesuai dengan chord asli dari lagu yang di dengarkan.

Awalnya memang sulit, tapi lama kelamaan akhirnya saya mampu mencari chord sebuah lagu sendiri tanpa perlu bertanya atau bergantung pada sebuah tools (jaman dulu belum ada tuh yang namanya software buat nyari kunci gitar).

Oke deh langsung saja pada topik. Saya membaginya menjadi 2 cara. Yang pertama cara manual, sedangkan yang kedua menggunakan bantuan tools atau software.

2 Cara Mencari Kunci / Chord Gitar Sebuah Lagu


1.  Menggunakan Kepekaan Telinga
  • Setel atau setem gitar sesuai dengan nada standard gitar. Untuk mendapatkan nada standard gitar, kita tinggal mencocokkan nada gitar dengan piano jika ada atau garpu tala. Tapi jika tidak punya keduanya, gunakan tools gitar tuner baik online tuner atau menggunakan software gitar tuner.
  • Dengarkan lagu dan hapalkan dari awal sampai akhir. Kalau belum benar-benar hapal niscaya akan sulit untuk mendapatkan kunci gitarnya.
  • Cari nada dasarnya, mulai dari intro lagu. Cara mencari nada dasarnya yaitu dengan menyesuaikan bunyi bass nya saja jadi tidak perlu digenjreng semua.
  • Catat setiap perpindahan nada atau kunci gitarnya agar tidak lupa.
  • Kalau sudah dapat semua nadanya, coba mainkan dengan kunci gitar penuh.
  • Pastikan kunci gitar sudah sesuai baik chord mayor atau pun minor nya.
  • Kalau sudah yakin benar mainkan lagu dari awal sampai akhir. Kalu dirasa masih ada yang salah ulangi langkah-langkah di atas.
  • Cara yang satu ini butuh latihan yang konsisten, jangan mudah menyerah.
2.  Menggunakan Bantuan Software atau Tools
  •  Cari software Chord Pickout atau DMM (Digital Music Mentor). Cari di Google aja banyak koq.
  • Install dan jalankan softwarenya. Untuk Chord pickout, kamu tinggal buka file lagu mp3 dan biarkan software menganalisa lagu sampai selesai. Setelah selesai tinggal pencet tombol play di bagian atas dan otomatis akan keluar chord gitarnya bersamaan dengan dimainkannya lagu tersebut. Untuk DMM, klik file ==>New File ==>klik load==>pilih lagu yang akan di cari chordnya ==>klik analyze lalu klik tombol play.

Dari 2 cara diatas, saya lebih menyarankan menggunakan cara yang pertama. Kenapa?Karena dengan cara manual maka skill dan kepekaan kita akan semakin terlatih dan kita tidak perlu bergantung pada tools. Jika sudah terlatih, dimanapun kamu berada pasti bisa mencari sendiri kunci atau chord gitar sebuah lagu dengan mudah.