Posisi Bermain Gitar

Sebelum anda membaca postingan ini lebih jauh, saya ingatkan kembali tutorial belajar gitar untuk pemula yang saya tulis ini hanya untuk pemula yang benar-benar belum bisa sama sekali bermain gitar. Setelah anda mengenal nama-nama bagian gitar, selanjutnya adalah mulai berlatih dengan posisi bermain gitar yang benar. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Carilah kursi tanpa lengan agar kedua tangan anda mempunyai ruang gerak yang lebih leluasa. Pastikan anda bisa duduk dengan nyaman.
  2. Tempatkan gitar di depan dada anda. Lekukan pada gitar harus bersandar pada salah satu kaki anda. Jika anda bukan seorang yang kidal, maka lekukan gitar harus bersandar pada kaki sebelah kiri.
  3. Posisikan jari anda pada senar gitar dengan ibu jari menggenggam leher gitar.
  4. Mulailah memetik senar gitar. Untuk pertama kali biasanya suara senar gitar tidak akan terdengar dengan jelas karena jari-jari anda belum terbiasa tapi ini bukanlah hal penting pada saat ini.
Agar lebih jelas lihat gambar ini :












Biasakanlah anda melatih posisi bermain gitar seperti tips di atas sampai anda benar-benar merasa nyaman. Jika anda sudah terbiasa maka pelajaran selanjutnya yang harus anda pelajari adalah mengenal chord dasar. Chord gitar dasar apa saja yang harus anda ketahui akan kita bahas pada tulisan selanjutnya.