Beberapa Teknik Dasar Belajar Gitar Yang Wajib di Ketahui

Teknik dasar belajar gitar untuk pemula ini saya rangkum dari berbagai tips belajar gitar ditambah dengan pengalaman saya sendiri. Kalau kamu serius ingin mahir belajar gitar maka kamu harus simak baik-baik hal-hal apa saja yang wajib kamu kuasai.

Teknik Dasar Belajar Gitar


1. Tuning atau cara menyetem gitar. Ini adalah hal pertama yang wajib kamu kuasai. Ada 5 cara untuk melakukan tuning gitar: dengan menyamakan nada senar gitar secara manual, dengan bantuan garpu tala, dengan piano, dengan bantuan tuner elektronik,atau tuner online. Pelajarilah hingga kamu betul-betul menguasainya.

2. Mengenal Chord dasar gitar. Chord dasar gitar adalah pondasi untuk kesuksesan kamu mahir bermain gitar. Tanpa mengenal chord dasar rasanya mustahil kamu bisa mengembangkan kemampuan kamu belajar gitar.

3. Memetik dengan menggunakan pick gitar. Meskipun pada kenyataannya tidak semua lagu dipetik namun teknik dasar ini perlu untuk menambah viariasi.

4. Mengenal Ritme atau ketukan. Ritme menjadi dasar dari sebuah lagu dan menjadikannya sebuah struktur untuk memudahkan dalam memainkan lagu.

5. Mengenal Capo. Adalah sebuah alat untuk memindahkan nada pada senar gitar yang dipasang dengan cara di klem pada leher gitar. Kamu seolah-olah bisa memperpendek senar gitar. Alat ini berguna untuk menyamakan nada dengan instrumen lain

6. Finger Picking atau gaya memetik juga adalah hal dasar bermain gitar. Finger picking atau sering disebut juga finger style adalah teknk bermain gitar dengan memetik senar gitar secara langsung menggunakan ujung jari, atau kuku.

7. Diagram chord gitar. Adalah gambar yang menunjukan chord gitar untuk dimainkan. Kamu bisa menghapal lebih cepat dengan membaca diagram chord gitar.

8. Kombinasi Picking, adalah fingering dengan memadukan antara memetik dengan menggunakan pick gitar dan menggunakan jari kamu.

9. Hammer On - adalah teknik finger picking yang lain yang akan menambah perbendaharaan teknik dasar belajar gitar kamu. Hammer On biasanya dilakukan dalam satu senar.

10. Teknik Slide - adalah salah satu teknik dasar dimana kamu menggeser jari ke nada yang lebih tinggi pada saat senar gitar dibunyikan namun tanpa mengangkat jari sama sekali.

11. Bending String - yaitu mengangkat senar gitar keatas pada saat kamu menekan senar gitar sambil memetik senar gitar tersebut.

Itulah beberapa teknik dasar belajar gitar untuk pemula
yang wajib diketahui. Untuk lebih jelasnya, penjelasan dari tiap teknik tersebut akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

1 comments:

yg terpenting dalam belajar gitar adalah JADILAH DIRI SENDIRI, referensi gaya permainan gitar dari berbagai gitaris sangat penting diikuti agar kita dapat menentukan style permainan kita sendiri.
Bagi yg ingin memperdalam gitar secara lengkap dalam berbagai tehnik silahkan di www.gitarzoom.blogspot.com
trims