Latihan Melakukan Pull-Off

Teknik Pull-Off adalah kebalikan dari Hammer-Ons. Jika kamu belum mengerti tentang Hammer-Ons, silakan baca artikel sebelumnya. Perhatikan Ilustrasi berikut ini :

pull-off technique
image by guitar.about.com
Ilustrasi di atas menunjukan pada kita cara penempatan jari untuk teknik Pull-Off. Lebih jelasnya sebagai berikut:
  1. Letakan jari telunjuk dan jari manis pada senar ke 3 ( jari telunjuk pada fret ke 2 sedangkan jari manis pada fret ke 4 ).
  2. Tanda merah adalah not pertama dan tanda biru adalah not ke 2.
  3. Petik senar ke 3 dimana kita telah menempatkan jari seperti pada langkah pertama, lalu secepat mungkin angkat jari manis dengan sedikit menarik senar ke bawah dengan jari manis. Pada saat menarik jari manis, jangan terlalu keras yang penting senar dapat berbunyi. Hal lain yang harus diperhatikan adalah kamu cukup satu kali memetik senar gitar tersebut. Jika cara menarik jari manis kamu sudah benar maka tanpa memetik kembali senar pun senar akan tetap berbunyi.
Kalau penjelasan di atas masih kurang jelas, simak video yang saya ambil dari you tube sebagai gambaran.

Nah semoga dengan melihat video di atas kamu lebih paham tentang teknik Pull-Off. Berlatihlah terus menerus sampai didapatkan suara yang benar-benar halus. Jika kamu sudah mengusainya cobalah gabungkan teknik Pull-Off dengan Hammer-Ons. Salah satu cara terbaik melakukannya dengan memainkan skala tinggi dengan Hammer-Ons dan skala rendah dengan Pull-Off.

1 Response to "Latihan Melakukan Pull-Off"

  1. salam kenal, bagi yg ingin memperdalam gitar silahkan join di www.gitarzoom.blogspot.com

    BalasHapus