Cara Membaca Tab Gitar

Tutorial belajar gitar untuk pemula kali ini akan membantu kamu menjelaskan bagaimana cara membaca tab gitar. Meskipun terlihat kompleks, belajar membaca tab gitar sebenarnya sangat mudah.

cara membaca tab gitar


Sebuah tabulasi gitar memiliki 6 garis horizontal dimana masing-masing garis mewakili senar gitar. Lihatlah pada gambar, garis paling bawah mewakili senar ke 6 atau senar "E", garis ke dua dari bawah mewakili senar ke 5 atau senar "A" demikian seterusnya. Mudah sekali sekali bukan?

Perhatikan, di bagian tengah ada sebuah angka 7 tepat di tengah-tengah garis. Angka tersebut menunjukan kepada kita dimana kita harus memainkan atau membunyikan senar. Sebagai contoh, lihat lagi gambar tab gitar dia atas, tab di atas menunjukan bahwa kamu harus mebunyikan senar ke 3 pada fret ke 7.

Note : Jika mendapati sebuah angka "0" dalam sebuah tablatur, ini artinya open string ( senar terbuka yg tidak ditekan oleh jari) harus di mainkan.

Ini adalah cara membaca tab gitar paling dasar. Sekarang mari kita berlatih membaca tab gitar yang agak lebih sulit serta bagaimana membaca chord dalam sebuah tab gitar.

tablatur e mayor


Membaca chord dalam sebuah tab gitar adalah sebuah proses yang relative mudah. Ketika sebuah tab menampilkan serangkaian angka yang disusun secara vertikal, artinya kita harus memainkan semua nada dalam waktu yang bersamaan. Tablatur di atas menunjukan bahwa kamu harus memainkannya dalam chord E mayor.

Untuk lebih mudahnya seperti ini:
- tekan senar ke 5 pada fret ke 2
- Tekan senar ke 4 pada fret ke 2
- Tekan senar ke 3 pada fret ke 1

Petik atau bunyikan semua senar secara bersamaan (dari senar ke 6 sampai ke 1). Biasanya, tablatur akan menyertakan nama chord (dalam kasus ini E mayor) di atas gambar tablatur, agar seorang gitaris mengenali chord yang harus di mainkan.

Nah, demikian tutorial atau panduan cara membaca tab gitar kali ini. Tunggu artikel-artikel selanjutnya, karena kita akan membahas teknik gitar yang lain yang harus kita kuasai. Jika ada kritik atau saran silahkan tinggalkan di kotak komentar.