Economy Picking - Teknik Memetik Gitar

Economy Picking - Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas tentang Alternate Picking. Kali ini saya akan menuliskan tentang Economy Picking yang merupakan salah satu teknik memetik gitar dengan menggunakan pick gitar.

Economic Picking adalah variasi picking. Biasanya digunakan untuk permainan permainan solo cepat. Teknik Economy Picking adalah membunyikan 2 nada pada 2 senar dalam satu petikan. Teknik gitar picking yang satu ini pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan Alternate Picking, yang membedakankan hanyalah pada saat berpindah senar. Jika kita melakukan Alternate Picking maka cara memetik gitar yang kita lakukan selalu konstan atas-bawah meskipun berpindah senar. Sementara pada Economy Picking tidak selalu konstan tetapi memperhitungkan jarak terdekat dengan senar berikutnya.

economy picking


Coba lihat gambar di atas, petikan kita mulai dengan bawah, kemudian atas, lalu bawah dan bawah lagi pada saat berpindah senar.

Economy picking mulai diperkenalkan kurang lebih sejak tahun 1950 an, Frank Gamble adalah orang yang dianggap pertama kali mempopulerkan teknik ini. Dia membawa teknik gitar ini dari amerika ke australia pada tahun 1982 dan sangat mempengaruhi komunitas Heavy Metal di sana. Sebagai seorang guru di GIT ( Guitar Institute of Technology) Frank menjadi gitaris pertama yang membangun dan menerapkan teknik ini pada semua skala dan arpeggio.

Selain Frank Gamble, ada salah satu gitaris dunia lain yang mengembangkan teknik Economy Picking sehingga populer dengan nama Sweep Picking. Dia adalah Yngwie Malmsteen.Kita bisa mendengarkan teknik Sweep Picking yang dimainkannya pada demo tahun 1978 yang berjudul "Powerhouse".