Cara Merawat Gitar Akustik Dengan Benar

Cara merawat gitar akustik - Agar gitar akustik yang kita pakai awet, maka cara penyimpanan nya pun harus kita perhatikan. Ga mau kan sudah mahal-mahal beli gitar tapi umurnya ga lama? Nah saya mau bagi-bagi tips cara merawat dan menyimpan gitar akustik dengan benar. Mudah-mudahan tips ini berguna buat kalian.

Inilah cara menyimpan gitar akustik dengan benar menurut pengalaman saya :

cara merawat gitar akustik
1. Beli Termometer (suhu) atau Hygrometer (lembab) Ruangan, dan simpan di tempat menyimpan gitar. jangan beli yg murahan, biasnya tidak akurat. harga relatif kok. Biasanya setiap perusahaan produsen gitar selalu mencantumkan suhu dan humid (kelembaban) yang ideal untuk menjaga gitar all solid mereka yang kita beli agar tetap pada performa terbaiknya. semuanya produsen tidak ada yang sama, tapi mungkin sedikit mirip. kalau kita ambil kasarnya, kira-kira suhu idealnya antara 18 - 27 derajat celcius, dengan tingkat kelembaban udara antara 45 - 55%. kenapa begitu? karena selain kondisi tersebut cukup menengah (tidak terlalu rendah atau tinggi), itu adalah tingkat suhu dan kelembaban yang diciptakan di ruangan produksi pabrik gitar tsb. kayu yang akan digunakan untuk mebuat gitar telah disimpan bertahun-tahun dalam kondisi tersebut, dipotong dan dibentuk dalam kondisi tersebut. gitar akan mencapai performa terbaik saat disimpan dan dimainkan di suhu dan humid yang tepat.

2. Buat Indonesia yang memang suhunya lumayan tinggi, solusi paling gampang jelas adalah AC. tapi masa iya harus nyalain AC terus? tidak perlu, yang penting ruangan itu punya siklus udara yang baik, dan jangan terkena sinar matahari secara langsung. yang penting adem adem aja.

3. Karena Indonesia mempunyai udara yang cukup lembab, solusi paling gampang dan murah adalah beli Silica Gel..

4. Sebisa mungkin disimpan didalam hardcase. selain menghindari benturan, hardcase juga bisa sebagai ruang isolasi suhu dan kelembaban. agar tidak terlalu lembab didalam hardcase, bisa masukan beberapa silica gel kedalamnya, jangan terlalu banyak.

5. Bersihkan senar dengan kain berbahan kaos, sebelum main dan setelah main. gunanya adalah untuk mencegah senar karatan. karena senar yg berkarat itu bisa menularkan karatnya ke hardware lain, dan mengkikis fret gitar lebih cepat.

6. Bersihkan tempat-tempat yang terkena keringat dan minyak dari tangan anda dengan kain.

7. Mungkin ada yang berpendapat kendurkan senar bila tidak dimainkan, ini sebenarnya cuman berlaku gitar all solid karena kayunya lebih rentan bila senar tetap pada tuning standard apalagi senar yang terpasang high tension, bisa menyebabkan neck melengkung.. kalo gitar all laminate sih tidak apa-apa selama kita juga tidak memakai senar semacem d'addario/elixir yang terlalu berat.

Nah itu dia tips cara merawat gitar akustik, kalau ada yang kurang silahkan di tambahkan di kotak komentar.

7 comments

artikelnya bermanfaat bener sob. :)
oh ya mau nanya nih,harga Termometer suhu berapaan ya sob.
kunbalnya ya keblog GITAR AKUSTIK saya

gitarel.blogspot.com

murah sob, yg harga Rp.12.000 juga ada cari aja di toko perlengkapan medis

Silica gel itu apa sob? Dimana jualnya?

Silica gel itu obat kimia unutk penyerap lembab, bentuk nya berupa butiran kecil2. bisa di beli di toko elektronik atau toko hardware komputer atau cari aja di ACE HARDWARE

Kalau untuk akustik yamaha c315 all solid atau all laminate gan

Gitar ane dimakan bubuk gan, apa masih bisa di perbaiki?